........Selamat Hari Jadi Kab. Nunukan ke 13 tgl 12 Oktober 2012.......

Rabu, 16 Mei 2012

Perkebunan Pisang Kepok di Kutai Kartanegara Kalimantan Timur

Petani Pisang Muara Badak Harapkan Bantuan Pemkab Kukar


Pisang kepok, salah satu tanaman yang menjadi andalan para petani di Batu-Batu, Desa Muara Badak Ulu
Photo: Agri





















Sebagai kelompok tani yang baru terbentuk, Kelompok Tani Wono Mulyo yang menggarap perkebunan pisang kepok diatas lahan seluas 200 hektare di Batu-Batu, Desa Muara Badak Ulu, Kecamatan Muara Badak, masih memerlukan dukungan dan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).
Demikian ungkap Ketua Kelompok Tani Wono Mulyo, Zakaria, kepada para wartawan yang meninjau lahan perkebunan di Muara Badak tersebut belum lama ini.

Menurut Zakaria, pihaknya sangat membutuhkan bantuan berupa pompa air berikut tandon-tandon untuk pengairan lahan perkebunan pisang milik mereka. "Selama ini kami hanya memanfaatkan air hujan saja. Kalau musim kemarau panjang, tentunya akan menjadi kendala bagi kami," ujar Zakaria.

Salah seorang petani membawa bibit jati untuk ditanam di lahan perkebunan mereka
Photo: Yanda
Jalan masuk ke lokasi bantuan VICO Indonesia sangat membantu para petani dalam distribusi bibit maupun hasil perkebunan
Photo: Agri

Ditambahkannya bahwa Kelompok Tani Wono Mulyo ibagi dalam 5 grup yang secara keseluruhan beranggotakan 200 orang petani. Kemudian masing-masing petani menggarap lahan perkebunan pisang kepok seluas 1 hektar. "Selain pisang, kami juga menanam kacang tanah, jagung, semangka, lombok dan kecipir serta pohon jati," kata Zakaria.
Lahan perkebunan yang digarap kelompok tani di Desa Muara Badak Ulu sejak tahun 2003 lalu merupakan suatu daerah berbukit-bukit. Untuk mencapai perkebunan kelompok tani ini mulanya hanyalah sebuah jalan lintasan yang kecil dengan medan yang cukup berat.

Namun Zakaria dan kawan-kawan sangat bersyukur karena VICO Indonesia -perusahaan migas yang beroperasi di Muara Badak- melalui program pengembangan masyarakatnya telah membantu pembuatan jalan masuk menuju lokasi perkebunan mereka. Jalan sepanjang 6 kilometer dengan lebar 4 meter tersebut sangat membantu bagi kelancaran pengangkutan bibit tanaman maupun pemasaran hasil perkebunan kelompok tani tersebut di masa mendatang. (win/nop)


Perkebunan pisang kepok garapan Kelompok Tani Wono Mulyo yang mencakup lahan seluas 200 hektare

Sumber : http://www.kutaikartanegara.com/berita/2004/news200304.html
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar