........Selamat Hari Jadi Kab. Nunukan ke 13 tgl 12 Oktober 2012.......

Senin, 28 Mei 2012

Formulasi strategis Perusahaan Agribisnis Pisang Cavendish Pada PT Nusantara Tropical Fruit

Formulasi strategis Perusahaan Agribisnis Pisang Cavendish Pada PT Nusantara Tropical Fruit

., Mesra B. (2002) Formulasi strategis Perusahaan Agribisnis Pisang Cavendish Pada PT Nusantara Tropical Fruit. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

Abstract

MESRA B, 2002. Formulasi strategis Perusahaan Agribisnis Pisang Cavendish Pada PT Nusantara Tropical Fruit. Di bawah bimbingan ARIEF DARYANTO dan AGUS MAULANA. 
Pisang Cavendish dengan merk Sunpride adalah komoditi yang dihasilkan oleh PT Nusantara Tropical Fruit yang merupakan perkebunan pisang terbesar di Indonesia. Perusahaan berdiri tahun 1992 dan langsung mengekspor hasil produksinya ke beberapa negara yang bekerja sama dengan Del Monte, perusahaan consumers goods tingkat dunia sampai akhir tahun 2000. 
Awal tahun 2001 perusahaan untuk sementara beralih ke pasar lokal karena adanya penurunan produksi. Berpindahnya perusahaan untuk sementara ke pasar lokal merupakan suatu bukti kalau perusahaan menghadapi beberapa kendala. Kendala bagi perusahaan bisa datang dari luar maupun dari dalam perusahaan sendiri. 
Dari luar perusahaan seperti adanya produk substitusi yang dapat mengancam keberadaan buah pisang sedangkan dari dalam perusahaan berupa masalah SDM dan masalah produksi. Untuk mengantisipasi pemasalahan di atas maka perusahaan perlu menetapkan strategi yang akan diterapkan di masa yang akan datang dengan melihat faktor-faktor eksternal dan internal yang turut mempengaruhinya. 
Bertitik tolak dari permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan maka penelitian ini bertujuan untuk: (a) mengidentifikasi strategi yang telah dilaksanakaan oleh perusahaan selama ini, (b) mengidentifikasi faktor-fakor yang mempengaruhi strategi perusahaan baik internal maupun ekternal dan (c) memilih strategi yang paling cocok diterapkan oleh perusahaan. 
Metode yang digunakan dalanl penelitian ini adalah metode deskriptif berupa studi kasus dengan cara mengumpulkan data untuk menjawab permasalahan yang ada. Data yang diambil terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif dan sumber data berasal dari dalanl maupun dari luar perusahaan. 
Alat analisis yang digunakan untuk menjawab dan memecahkan masalah yang dihadapi dengan menggunakan nletode perbandingan eksponensial (MPE), matriks internal factor evaluation (IFE) dan matriks external factor evaluation (EFE) yang merupakan tahap pertama. Tahap kedua dengan menggunakan alat analisa SWOT matriks dan tahap ketiga dengan menggunakan alat analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). 
Adapun peluang yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan adalah: (a) perdagangan bebas dan globalisasi, (b) diversifikasi untuk produk olahan. (c) konsumsi masyarakat yang terus meningkat (d) kebijakan pemerintah yang mendukung sektor agribisnis (e) potensi sumberdaya alam yang luas dan (f) perkembangan teknologi. Sedanglean ancaman yang harus diantisipasi adalah (a) keamanan yang kurang terjaga, (b) ancaman produk substitusi, (c) kondisi alam yang tidak dapat dikontrol dan (d) kondisi politik dalam negeri yang tidak menentu. Alat analisa dengan menggunakan EFE matriks menunjukkan perusahaan sedikit kurang bias merespon peluang yang ada dengan total skor yang diperoleh sebesar 2,36 yang berada di bawah rata-rata (2,50). 
IFE matriks menunjukkan posisi perusahaan berada pada posisi yang cukup kuat dengan total skor di atas rata-rata yaitu 2,56 yang berarti perusahaan sudah cukup kuat dalanl dimanfaatkan kekuatan yang ada serta niengatasi kelemahan yang ada. 
Alat analisa SWOT matrik perusahaan memperoleh beberapa alternatif strategi yaitu: strategi SO: (menghasilkan produk yang berdaya saing tinggi dan strategi pengembangan pasar , strategi WO : (pengembangan dan pelatihan SDM, menciptakan produk turunan dan menciptakan varietas yang tahan terhadap penyakit), strategi ST: (strategi menciptakan teknologi baru (irigasi)) dan strategi WT: (strategi nlenciptakan teknologi baru (irigasi)). 
Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM) diperoleh strategi yang menjadi prioritas utama yang sebaiknya diterapkan oleh perusahaan adalah strategi pengembangan dan pelatihan SDM. Setelah penelitian ini dilakukan maka yang perlu disarankan kepada perusahaan adalah perusahaan sebaiknya lebih meningkatkan kualitas SDM karena SDM merupakan asset yang sangat penting bagi perusahaan. 
Dengan SDM yang berkualitas diharapkan masalah lain dapat diatasi seperti masalah produksi dengan terjangkitnya penyakit pada tanaman, terciptanya teknologi baru berupa sistem irigasi, dapat menciptakan produk turunan dan dapat menghasilkan produk yang berdaya saing tinggi dan pada akhirnya perusahaan perlu melakukan perluasan/pengembangan pasar ke negara lain yang permintaan pasarnya terhadap pisang cukup tinggi.

Sumber : http://repository.mb.ipb.ac.id/680/

5 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. Saya ingin berkongsi dengan anda semua di sini tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya dari Encik Benjamin yang membantu saya dengan pinjaman sebanyak 400,000.00 Euro untuk memperbaiki perniagaan saya. Ia mudah dan cepat apabila saya memohon pinjaman apabila keadaan semakin kasar dengan perniagaan saya. Benjamin memberi pinjaman saya tanpa berlengah-lengah. di sini adalah e-mel Benjamin / e-mel kenalan: +1 989-394-3740, lfdsloans@outlook.com.

    BalasHapus
  3. Salam kepada kekasihku
    Saya benar-benar tidak tahu dari mana saya harus memulai kesaksian saya karena nama saya yang begitu bahagia adalah Esteri Mumpung, dari Filipina, Ny. Rebacca Alma datang untuk menyelamatkan saya dan menyelamatkan semua kesedihan saya.
    Sungguh menakjubkan ketika saya berpikir bahwa semuanya sudah selesai dengan saya, saya sangat berhutang budi sejauh orang-orang yang saya pinjam dari geng melawan saya dan kemudian menangkap saya sebagai hasil dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan masa tenggang diberikan kepada saya ketika saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan menghasilkan uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada pemberi pinjaman online yang sah jadi saya harus mencari melalui blog yang saya selingkuh sebelumnya tetapi ketika saya menemukan REBACCA ALMA LOAN COMPANY, Tuhan mengarahkan saya kepadanya dan di sebuah blog karena ketertarikan saya pada itu benar-benar sebuah mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak penderitaan itulah sebabnya dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya melamar dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam 24 jam saya dikreditkan dengan jumlah persis yang saya maksudkan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman Pribadi karena saya berbicara dengan Anda sekarang saya punya hapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket dan investasi saya sendiri terjadi di Filipina dan Indonesia, saya baru saja membuka pusat perbelanjaan di Malaysia belum lama ini dan saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan, apa pun keputusan saya tidak ada urusannya dengan Polisi, saya sekarang seorang wanita yang mandiri.
    Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya, silakan hubungi Ibu melalui email perusahaan: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) juga hubungi Mrs. Rebbacca melalui nomor whatsapp +14052595662.

    Anda tidak dapat memperdebatkan kenyataan bahwa dalam dunia yang penuh kesulitan ini Anda membutuhkan seseorang untuk membantu Anda mengatasi keuangan turnover dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ny. Rebacca Alma di alamat di atas sehingga Anda dapat mengatasi masalah keuangan dalam hidup Anda.

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (esterimumpung77@gmail.com)) Selalu bersikap positif dengan Mrs. Rebacca Alma karena dia akan melihat Anda melalui semua tantangan keuangan Anda dan kemudian memberi Anda tampilan keuangan baru dan kebebasan untuk mengatasi semua kekhawatiran Anda. . Semoga Tuhan memberkati kalian semua.

    BalasHapus
  4. Halo pemirsa di seluruh dunia, Ada kabar baik untuk Anda semua hari ini dapatkan kartu ATM Kosong Anda yang berfungsi di semua mesin ATM di seluruh dunia. Kami memiliki program khusus kartu ATM yang dapat digunakan untuk meretas mesin ATM, kartu ATM dapat digunakan untuk menarik di ATM atau geser, di toko dan POS. Kami memberikan kartu ini kepada semua klien yang tertarik di seluruh dunia, Kami memberikan Kartu ATM Kosong. Apakah Anda ingin menjalani kehidupan yang baik yang dianggap ilegal, cara termudah untuk menjadi jutawan. itu juga memiliki teknik yang membuat CCTV tidak mungkin mendeteksi Anda dan Anda hanya dapat menarik sejumlah $ 5.000 Dolar dalam sehari di Mesin ATM juga tersedia saat pengiriman tunai. Kami memberikan hingga $ 10.000,00 hingga $ 1.000.000,00 Dolar Dengan layanan peretasan jaringan kami. Kami dapat Memulihkan semua uang Anda yang hilang ke Bitcoin dan mata uang Crypto lainnya, penipuan hipotek / realestate, dan ICO palsu dalam waktu 48 jam atau kurang. (Thomas Freddie Hackers) bekerja sama sebagai tim untuk melacak & memulihkan dana kembali dari PENCIPTA internet yang paling sulit. CATATAN!! Kami telah menerima laporan memilukan yang tak terhitung jumlahnya dari penipu terkenal dan kami berhasil memulihkannya kembali melalui kontak thomasunlimitedhackers@gmail.com

    Hubungi kami di ((Pemulihan Biner. Kelas Universitas. Menyeka Catatan Kriminal, Peretasan FB & IG, Telegram, Muatan & Peretasan Telepon)) membatasi kami dengan pekerjaan Anda & izinkan kami memberi Anda hasil positif dengan keterampilan peretasan kami. Kami bersertifikat dan privasi Anda 100% aman bersama kami. Jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda, Jika Anda membutuhkan layanan peretasan cyber lainnya, kami siap membantu Anda kapan saja, kapan saja, jadi hubungi kami melalui Alamat Email kami: thomasunlimitedhackers@gmail.com

    Salam
    THOMAS FREDDIE HACKER TANPA BATAS
    Kirim email ke thomasunlimitedhackers@gmail.com
    Telepon / SMS: +1 (985)465-8370
    Motto: Kami menawarkan layanan tercepat dan terpercaya

    BalasHapus